-->
no fucking license
Bookmark

ATP Jenjang SMA/MA Fase E dan F - Kurikulum Merdeka

ATP Jenjang SMA/MA Fase E dan F - Kurikulum Merdeka

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan komponen kunci dalam Kurikulum Merdeka untuk tingkat SMA/MA. Ini adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang dirancang secara terstruktur dan logis, mulai dari fase A hingga fase F1. ATP dalam Kurikulum Merdeka untuk SMA memberikan arah dan panduan bagi lembaga pendidikan yang menerapkannya dalam pengembangan perangkat pembelajaran.

ATP Kurikulum Merdeka SMA terdiri dari beberapa elemen utama yang mencakup Capaian Pembelajaran (CP), CP Elemen, tujuan, estimasi jumlah jam, dan Profil Pelajar Pancasila, yang terbagi berdasarkan kelas, yaitu kelas 10, 11, dan 12. Capaian Pembelajaran (CP) menjelaskan hasil yang diharapkan dari proses pendidikan, sedangkan CP elemen merinci aspek-aspek yang harus dicapai dalam setiap capaian pembelajaran.

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada penyelenggara pendidikan untuk mengembangkan ATP sesuai kebutuhan dan karakteristik pembelajaran mereka. Guru-guru diberi opsi untuk menggunakan ATP resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) atau melakukan pengembangan terhadap ATP yang telah ada.

Kemudahan yang ditawarkan oleh Kurikulum Merdeka termasuk fleksibilitas dalam pelaksanaan waktu pembelajaran serta kemampuan untuk merancang perangkat pembelajaran yang lebih ringan bagi guru. Ini membantu dalam mengurangi beban kerja guru yang sebelumnya mungkin cukup besar, terutama dalam merancang perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum sebelumnya, seperti Kurikulum 2013 (Kurtilas).

Download File Lengkap Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Jenjang SMA/MA Fase E dan F - Kurikulum Merdeka
Dengan adanya Kurikulum Merdeka, alternatif ATP SMA menjadi sebuah solusi untuk menggantikan perangkat pembelajaran dari kurikulum sebelumnya, membantu dalam meringankan beban kerja guru. Dengan memberikan fleksibilitas, kemudahan, dan panduan yang terstruktur, ATP Kurikulum Merdeka berperan penting dalam mendukung proses pembelajaran di tingkat SMA/MA.
Post a Comment

Post a Comment

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan