-->
no fucking license
Bookmark

ATP Kelas 12 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 12 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan suatu serangkaian tujuan pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan logis dalam Kurikulum Merdeka Fase E untuk kelas 12 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Dalam Kurikulum Merdeka, ATP disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai panduan bagi satuan pendidikan untuk membantu tenaga pendidik dalam pengembangan perangkat ajar, seperti modul ajar dan pencapaian kompetensi.

Isi dari ATP pada Kurikulum Merdeka Fase E kelas 12 SMA/MA mencakup beberapa elemen penting:
  1. **Capaian Pembelajaran (CP)**: Merupakan hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran, yang mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang menjadi fokus utama dalam mata pelajaran tersebut.
  2. **CP Elemen**: Merupakan rincian dari capaian pembelajaran yang terkait dengan elemen atau aspek khusus dari mata pelajaran yang sedang dipelajari.
  3. **Tujuan**: Merupakan gambaran dari hasil yang diinginkan yang hendak dicapai melalui pembelajaran. Tujuan ini dapat berupa tujuan spesifik untuk setiap elemen CP.
  4. **Perkiraan Jumlah Jam**: Merupakan estimasi waktu yang diperlukan untuk mencapai setiap tujuan pembelajaran. Ini membantu dalam perencanaan kurikulum dan pengaturan waktu pembelajaran
  5. **Profil Pelajar Pancasila untuk kelas 12**: Merupakan deskripsi karakteristik atau atribut yang diharapkan dimiliki oleh siswa pada tingkat kelas 12, sesuai dengan prinsip-prinsip Pancasila.
Kurikulum Merdeka Fase E memberikan kebebasan bagi tenaga pendidik dalam pengembangan ATP. Mereka dapat menggunakan ATP resmi yang diterbitkan oleh Kemdikbud sebagai referensi atau contoh dalam menyusun perangkat ajar untuk kebutuhan pembelajaran di kelas. Fleksibilitas ini memungkinkan pengembangan ATP yang tidak terikat oleh konteks atau karakteristik pembelajaran sebagaimana yang digunakan dalam kurikulum sebelumnya.

Kurikulum Merdeka memberikan kemudahan dalam berbagai aspek, mulai dari fleksibilitas dalam waktu pelaksanaan pelajaran hingga merancang Perangkat Ajar. Hal ini membantu mengurangi beban tenaga pendidik yang sebelumnya mungkin merasa terbebani dengan penyusunan perangkat ajar dalam kurikulum sebelumnya, seperti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) maupun Kurikulum 2013 (K-13).

Berikut Daftar Lengkap Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 12 Fase F Jenjang SMA/MA || Kurikulum Merdeka

A. PAI (Madrasah)
B. Bahasa
  1. Bahasa Arab 📜BACA...☑
  2. Bahasa Indonesia 📜BACA...☑
  3. Bahasa Inggris 📜BACA...☑
  4. Bahasa Indonesia Lanjut 📜BACA...☑
  5. Bahasa Inggris Lanjut 📜BACA...☑
  6. Bahasa Jepang📜BACA...☑
  7. Bahasa Jerman📜BACA...☑
  8. Bahasa Korea📜BACA...☑
  9. Bahasa Mandarin📜BACA...☑
  10. Bahasa Prancis 📜BACA...☑
C. Umum
  1. Pend. Pancasila 📜BACA...☑
  2. Matematika 📜BACA...☑
  3. Matematika Lanjut 📜BACA...☑
  4. PJOK 📜BACA...☑
D. Seni Budaya
  1. Seni Musik 📜BACA...☑
  2. Seni Tari 📜BACA...☑
  3. Seni Rupa 📜BACA...☑
  4. Seni Teater 📜BACA...☑
E. Prakarya
  1. Prakarya | Budidaya 📜BACA...☑
  2. Prakarya | Kerajinan 📜BACA...☑
  3. Prakarya | Pengolahan 📜BACA...☑
  4. Prakarya | Rekayasa 📜BACA...☑
F. Pend. Agama lainnya
  1. Pend. Agama Islam & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  2. Pend. Agama Kristen & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  3. Pend. Agama Katolik & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  4. Pend. Agama Hindu & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  5. Pend. Agama Buddha & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  6. Pend. Agama Konghuchu & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  7. Pend. Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa 📜BACA...☑
G. IPA
  1. Kimia 📜BACA...☑
  2. FIsika 📜BACA...☑
  3. Biologi 📜BACA...☑
  4. Informatika 📜BACA...☑
H. IPS
  1. Sejarah 📜BACA...☑
  2. Geografi 📜BACA...☑
  3. Ekonomi 📜BACA...☑
  4. Sosiologi 📜BACA...☑
  5. Antropologi 📜BACA...☑
Secara umum, ATP disampaikan dalam bentuk file PDF dan sebagian dalam format Microsoft Word (doc) atau Excel, memudahkan akses dan penggunaan oleh tenaga pendidik. Dengan demikian, ATP menjadi pedoman yang berguna dalam proses pengajaran dan pembelajaran di kelas.
Post a Comment

Post a Comment

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan