-->
no fucking license
Bookmark

ATP Kelas 10 Fase E SMA/MA - Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 10 Fase E SMA/MA - Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam Kurikulum Merdeka Fase E untuk kelas 10 SMA/MA disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan tujuan menyusun suatu rangkaian tujuan pembelajaran yang terstruktur, sistematis, dan logis sesuai dengan elemen mata pelajaran yang bersangkutan. ATP ini dijadikan sebagai panduan bagi tenaga pendidik untuk mengembangkan perangkat ajar, seperti modul ajar dan pencapaian kompetensi.

Isi ATP untuk Kurikulum Merdeka Fase E kelas 10 SMA/MA terdiri dari beberapa elemen penting:
  1. **Capaian Pembelajaran (CP)**: Merupakan inti dari ATP, yang mencakup deskripsi komprehensif tentang tujuan akhir dari proses pembelajaran. Capaian ini memuat kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh siswa setelah menyelesaikan pembelajaran suatu mata pelajaran.
  2.  **CP Elemen**: Merupakan pemecahan dari Capaian Pembelajaran menjadi elemen-elemen yang lebih spesifik, terkait dengan topik atau aspek tertentu dalam mata pelajaran tersebut.
  3. **Tujuan**: Merupakan penjabaran lebih lanjut dari setiap CP Elemen, menentukan tujuan pembelajaran yang spesifik yang ingin dicapai dari setiap topik atau aspek tersebut.
  4. **Perkiraan Jumlah Jam**: Menyatakan perkiraan durasi waktu yang diperlukan untuk mencapai setiap tujuan pembelajaran.
  5. **Profil Pelajar Pancasila**: Adalah deskripsi yang diberikan menurut kelas, mengenai harapan akan karakteristik atau profil yang diharapkan dimiliki oleh siswa sebagai warga negara yang berlandaskan Pancasila.
Pada Kurikulum Merdeka Fase E, kebebasan dalam pengembangan ATP memberikan fleksibilitas kepada tenaga pendidik. Mereka diberi opsi untuk menggunakan ATP resmi yang diterbitkan oleh Kemdikbud sebagai referensi atau contoh dalam penyusunan perangkat ajar sesuai kebutuhan pembelajaran di kelas. Ini memungkinkan tenaga pendidik untuk menyesuaikan ATP dengan konteks, kebutuhan, dan karakteristik khusus dari siswa dan lingkungan pembelajaran mereka.

Kurikulum Merdeka memberikan kemudahan dengan memberikan fleksibilitas dalam pelaksanaan waktu pelajaran serta dalam merancang Perangkat Ajar. Ini membantu mengurangi beban tenaga pendidik dalam penggunaan kurikulum sebelumnya, seperti Kurikulum 2013 (Kurtilas), atau dalam menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Berikut Daftar Lengkap Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 10 Fase E Jenjang SMA/MA || Kurikulum Merdeka
A. PAI (Madrasah)
B. Bahasa
  1. Bahasa Arab 📜BACA...☑
  2. Bahasa Indonesia 📜BACA...☑
  3. Bahasa Inggris 📜BACA...☑
C. Umum
D. Seni Budaya
  1. Seni Musik 📜BACA...☑
  2. Seni Tari 📜BACA...☑
  3. Seni Rupa 📜BACA...☑
  4. Seni Teater 📜BACA...☑
E. Prakarya
  1. Prakarya | Budidaya 📜BACA...☑
  2. Prakarya | Kerajinan 📜BACA...☑
  3. Prakarya | Pengolahan 📜BACA...☑
  4. Prakarya | Rekayasa 📜BACA...☑
F. Pend. Agama lainnya
  1. Pend. Agama Islam & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  2. Pend. Agama Kristen & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  3. Pend. Agama Katolik & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  4. Pend. Agama Hindu & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  5. Pend. Agama Buddha & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  6. Pend. Agama Konghuchu & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  7. Pend. Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa 📜BACA...☑
G. IPA
H. IPS
⚠Note : Link Download akan Segera tersedia

Berkas ATP umumnya tersedia dalam format file PDF, serta sebagian dalam format Microsoft Word (doc) atau Excel, memungkinkan tenaga pendidik untuk memanfaatkannya dengan lebih mudah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka dalam menyusun materi pembelajaran.
Post a Comment

Post a Comment

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan