Defenisi ATP Kelas 7 Fase D SMP/MTs - Kurikulum Merdeka
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam konteks Kurikulum Merdeka untuk kelas 7 SMP/MTS adalah sebuah susunan tujuan pembelajaran yang dirancang secara logis dan berkesinambungan dalam tahap pembelajaran fase tertentu. ATP juga dikenal sebagai silabus pada Kurikulum 2013. Prinsip penyusunan ATP mencakup esensial, berkesinambungan, kontekstual, dan sederhana. Dalam perencanaan pembelajaran, ATP disesuaikan dengan kebutuhan siswa, karakteristik satuan pendidikan, dan kesiapan satuan pembelajaran.
Komponen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Komponen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) meliputi:
- **Elemen**: Bagian-bagian terpenting yang menjadi landasan penyusunan ATP.
- **Capaian Pembelajaran (CP)**: Sasaran pencapaian yang diharapkan dari pembelajaran.
- **Tujuan Pembelajaran**: Penjelasan spesifik tentang apa yang diharapkan dari proses pembelajaran.
- **Perkiraan Jumlah Jam**: Estimasi waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- **Kata/Frasa Kunci dan Topik/Konten Inti**: Kata-kata atau frasa kunci yang relevan dengan topik atau konten yang dipelajari.
- **Penjelasan Singkat**: Penjabaran ringkas terkait materi atau topik yang akan dipelajari.
- **Profil Pelajar Pancasila**: Deskripsi mengenai bagaimana pembelajaran terkait dengan pembentukan karakter siswa yang berkarakter Pancasila.
- **Glosarium**: Daftar istilah, konsep, atau kata-kata kunci dengan penjelasan singkat untuk membantu pemahaman siswa.
Tujuan pembelajaran yang disusun dalam ATP menjadi landasan bagi guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Satuan pendidikan menggunakan inspirasi dari ATP, Perangkat Ajar, dan menyudahi proses pembelajaran dengan refleksi. Dalam mengadaptasi perencanaan pembelajaran, satuan pendidikan memodifikasi dokumen-dokumen yang ada, seperti ATP dan Perangkat Ajar, agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta kondisi satuan pendidikan.
Download File Lengkap Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 7 Fase D Jenjang SMP/MTs || Kurikulum Merdeka
A. PAI (Madrasah)
- Al-Qur'an Hadits 📜BACA...☑
- Akidah Akhlak 📜BACA...☑
- Fikih 📜BACA...☑
- SKI 📜BACA...☑
B. Bahasa
- Bahasa Arab 📜BACA...☑
- Bahasa Indonesia 📜BACA...☑
- Bahasa Inggris 📜BACA...☑
C. Umum
- Pend. Pancasila 📜BACA...☑
- Matematika 📜BACA...☑
- PJOK 📜BACA...☑
- Informatika 📜BACA...☑
- IPA 📜BACA...☑
- IPS 📜BACA...☑
D. Seni Budaya
- Seni Musik 📜BACA...☑
- Seni Tari 📜BACA...☑
- Seni Rupa 📜BACA...☑
- Seni Teater 📜BACA...☑
E. Prakarya
- Prakarya | Budidaya 📜BACA...☑
- Prakarya | Kerajinan 📜BACA...☑
- Prakarya | Pengolahan 📜BACA...☑
- Prakarya | Rekayasa 📜BACA...☑
F. Pend. Agama lainnya
- Pend. Agama Islam & Budi Pekerti 📜BACA...☑
- Pend. Agama Kristen & Budi Pekerti 📜BACA...☑
- Pend. Agama Katolik & Budi Pekerti 📜BACA...☑
- Pend. Agama Hindu & Budi Pekerti 📜BACA...☑
- Pend. Agama Buddha & Budi Pekerti 📜BACA...☑
- Pend. Agama Konghuchu & Budi Pekerti 📜BACA...☑
- Pend. Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa 📜BACA...☑
⚠Note : Link Download akan Segera tersedia
Dengan demikian, ATP menjadi panduan yang sistematis dalam menentukan tujuan, menyusun perencanaan, serta mengevaluasi proses pembelajaran. Dengan penekanan pada prinsip-prinsip fleksibilitas dan adaptasi, ATP memungkinkan pengajaran yang lebih efektif dan relevan sesuai dengan kebutuhan siswa dan lingkungan belajar.
Post a Comment