-->
no fucking license
Bookmark

ATP Kelas 1 Fase A SD/MI - Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD/MI Fase A - Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 Fase A SD/MI - Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang terstruktur dengan baik dan disusun secara sistematis dan logis untuk membimbing proses pembelajaran dari awal hingga akhir fase tertentu. Pada kelas 1 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Fase A dalam Kurikulum Merdeka, ATP dirancang untuk menggambarkan langkah-langkah tujuan pembelajaran dari permulaan hingga akhir setiap fase pembelajaran menuju Capaian Pembelajaran (CP).

ATP berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam mencapai tujuan akhir pembelajaran di setiap fase yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan pembelajaran disusun berurutan sesuai dengan perkembangan materi pembelajaran dari waktu ke waktu.

Fleksibilitas menjadi prinsip dalam penyusunan ATP, memungkinkan penyesuaian dan modifikasi untuk memenuhi kebutuhan dan minat individual siswa serta menyesuaikan dengan karakteristik, kebutuhan, dan lingkungan sekitar dari setiap satuan pendidikan. Ini memungkinkan ATP untuk memiliki variasi yang signifikan antara satuan-satuan pendidikan karena setiap satuan pendidikan dapat memiliki perbedaan dalam menyusun ATP berdasarkan karakteristik dan kebutuhan siswa serta keterkaitannya dengan Capaian Pembelajaran.

ATP untuk kelas 1 SD/MI Fase A dalam Kurikulum Merdeka merupakan hasil turunan dari Capaian Pembelajaran (CP) yang terdiri dari elemen-elemen pembelajaran yang dikembangkan setiap semester. Pentingnya kesesuaian ATP dengan CP menekankan bahwa ATP merupakan panduan konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Penting untuk dicatat bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sendiri tidak menyediakan contoh-contoh langsung untuk menyusun ATP. Sebaliknya, mereka menyediakan contoh Tujuan Pembelajaran yang terdapat dalam buku panduan bagi guru sebagai pedoman dalam menyusun ATP sesuai dengan kebutuhan dan konteks spesifik masing-masing satuan pendidikan.

Download File Lengkap Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 1 SD/MI Fase A - Kurikulum Merdeka

A. Pend. Agama Islam & Budi Pekerti

B. Bahasa

  1. Bahasa Arab 📜BACA...☑
  2. Bahasa Indonesia 📜BACA...☑
  3. Bahasa Inggris 📜BACA...☑

C. Umum

  1. Pend. Pancasila 📜BACA...☑
  2. Matematika 📜BACA...☑
  3. PJOK 📜BACA...☑
  4. IPAS 📜BACA...☑
  5. Informatika📜BACA...☑

D. Seni Budaya

  1. Seni Musik 📜BACA...☑
  2. Seni Tari 📜BACA...☑
  3. Seni Rupa 📜BACA...☑
  4. Seni Teater 📜BACA...☑

E. Prakarya

  1. Prakarya | Budidaya 📜BACA...☑
  2. Prakarya | Kerajinan 📜BACA...☑
  3. Prakarya | Pengolahan 📜BACA...☑
  4. Prakarya | Rekayasa 📜BACA...☑

F. Pend. Agama lainnya

  1. Pend. Agama Islam & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  2. Pend. Agama Kristen & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  3. Pend. Agama Katolik & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  4. Pend. Agama Hindu & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  5. Pend. Agama Buddha & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  6. Pend. Agama Konghuchu & Budi Pekerti 📜BACA...☑
  7. Pend. Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa 📜BACA...☑
⚠Note : Link Download akan Segera tersedia

Dalam menyusun ATP, aspek penting yang harus dipertimbangkan termasuk adaptasi terhadap kebutuhan siswa, konteks lingkungan, dan pendekatan berpusat pada peserta didik untuk memastikan pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal sesuai dengan kondisi setempat.
Post a Comment

Post a Comment

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan