-->
no fucking license
Bookmark

ATP Al-Qur'an Hadits Kelas 5 Fase C SD/MI - Kurikulum Merdeka

ATP Al-Qur'an Hadits Kelas 5 Fase C SD/MI - Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah suatu susunan atau rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara terstruktur, logis, dan berurutan. ATP ini menggambarkan langkah-langkah atau tahapan pembelajaran dari awal hingga akhir dalam suatu fase pendidikan. Penyusunan ATP dilakukan secara linear, mencerminkan urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari. Prinsip-prinsip utama dalam menyusun ATP termasuk esensial, berkesinambungan, kontekstual, dan sederhana. Proses penyusunan ATP harus disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan, kebutuhan peserta didik, dan kesiapan satuan pembelajaran.

Contoh yang telah diberikan adalah ATP untuk mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) kelas 5 SD/MI fase C. Di dalam ATP ini, terdapat beberapa elemen yang penting:

1. **Elemen ATP:**
  • **Capaian Pembelajaran (CP):** Merupakan hasil yang diharapkan dari pembelajaran, yang dirinci dalam beberapa tujuan pembelajaran.
  • **Tujuan Pembelajaran:** Merupakan pernyataan yang menjelaskan hasil yang diinginkan dari pembelajaran.
  • **Perkiraan Jumlah Jam Pelajaran (JP):** Menunjukkan alokasi waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran.
  • **Kata/Frasa Kunci dan Topik/Konten Inti:** Menyatakan fokus materi atau topik yang akan dipelajari.
  • **Penjelasan Singkat:** Memberikan gambaran ringkas tentang materi yang akan diajarkan.
  • **Profil Pelajar Pancasila:** Merujuk pada karakter atau sikap yang diharapkan dikembangkan pada peserta didik selama proses pembelajaran.
  • **Glosarium:** Mungkin berisi daftar istilah, definisi, atau kata kunci yang digunakan dalam pembelajaran.
Dalam contoh yang diberikan untuk mata pelajaran IPAS kelas 5 SD/MI fase C, terdapat beberapa tujuan pembelajaran yang fokus pada pemahaman ekosistem dan hubungan antarmakhluk hidup di dalamnya. Setiap tujuan pembelajaran dirumuskan secara jelas dan terukur:
  1. **Tujuan Pembelajaran 1:** Menekankan pada kemampuan siswa untuk menganalisis hubungan antarmakhluk hidup dalam suatu ekosistem melalui jaring-jaring makanan.
  2. **Tujuan Pembelajaran 2:** Fokus pada deskripsi proses transformasi antarmakhluk hidup dalam ekosistem.
  3. **Tujuan Pembelajaran 3:** Memfokuskan pada deskripsi bagaimana transformasi energi dalam ekosistem memainkan peran dalam menjaga keseimbangan alam.
Selain tujuan pembelajaran, ATP juga memuat materi pembelajaran yang akan diajarkan, dalam hal ini tentang "Harmoni dalam Ekosistem" dengan alokasi waktu sebanyak 22 JP. Selain itu, terdapat pula profil pelajar Pancasila yang menjelaskan karakter atau sikap yang diharapkan dikembangkan pada peserta didik.

Pada bagian penutup, ATP menyatakan sumber dari informasi yang digunakan untuk menyusun ATP, baik itu dengan cara merancang sendiri, mengembangkan dari contoh yang ada, atau menggunakan contoh yang telah disediakan pemerintah.

Download File Lengkap Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Al-Qur'an Hadits Kelas 5 Fase C SD/MI - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 169 kb
Outhor/Editor : AVA Studio ID

ATP tidak hanya sebagai panduan untuk guru dalam mengajar, tetapi juga sebagai rambu bagi siswa untuk memahami apa yang akan dipelajari dan capaian apa yang diharapkan dari setiap pembelajaran yang diberikan.
Post a Comment

Post a Comment

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan