-->
no fucking license
Bookmark

ATP Akidah Akhlak Kelas 8 Fase D SMP/MTs - Kurikulum Merdeka

ATP Akidah Akhlak Kelas 8 Fase D SMP/MA - Kurikulum Merdeka 
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan sebuah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis dalam suatu fase pendidikan. Ini bertujuan untuk mengatur urutan pembelajaran dari awal hingga akhir fase tersebut. Prinsip-prinsip dalam penyusunan ATP meliputi esensial, berkesinambungan, kontekstual, dan kesederhanaan. ATP disusun secara linear untuk mencerminkan urutan kegiatan pembelajaran yang terjadi dari hari ke hari.

Dalam proses perencanaan pembelajaran, ATP disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan, kebutuhan peserta didik, dan kesiapan satuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang tercantum dalam ATP menjadi landasan bagi guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Satuan pendidikan menggunakan ATP sebagai inspirasi, dalam penyusunan Perangkat Ajar, serta sebagai dasar untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang terjadi.

ATP terdiri dari beberapa elemen penting seperti Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran, Perkiraan Jumlah, Jam Kata/Frasa Kunci dan Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat, Profil Pelajar Pancasila, serta Glosarium.

ATP dalam Kurikulum Merdeka merupakan suatu rangkaian tujuan pendidikan yang tersusun secara sistematis serta logis dalam fase pendidikan, mulai dari awal hingga akhir fase tersebut. Berbeda dengan silabus, ATP di Kurikulum Merdeka tidak hanya menjadi acuan bagi guru dalam perencanaan pembelajaran, tetapi juga sebagai panduan bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran pada akhir fase.

Dalam konteks ATP untuk mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 8 Kurikulum Merdeka 2023/2024, ATP menjadi sebuah pedoman yang mengatur urutan dan ruang lingkup pembelajaran, menitikberatkan pada pencapaian tujuan pembelajaran yang tidak hanya menjadi panduan bagi guru tetapi juga bagi siswa untuk memahami langkah-langkah pencapaian yang diharapkan pada akhir fase pembelajaran.

Download File Lengkap Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Akidah Akhlak Kelas 8 Fase D SMP/MTs - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 169 kb
Outhor/Editor : AVA Studio ID

Secara umum, ATP dalam Kurikulum Merdeka memegang peran penting dalam memberikan arah bagi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, baik bagi guru maupun siswa. Hal ini membantu menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks pendidikan, serta memastikan pemahaman siswa terhadap tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
Post a Comment

Post a Comment

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan